Thursday, December 14, 2017

Pernikahan

permikahan kristen
Pernikahan adalah suatu moment yang sangat ditunggu atau dinantikan oleh setiap manusia baik itu pria ataupun wanita apapun latar belangnya dan apapun agamanya.

Pernikahan terjadi bukan hanya karna yang bersangkutan ingin menikah, bukan juga karena cinta dan pemenuhan biologis,  tapi pernikahan adalah penggenapan rencana Allah dalam kehidupan manusia. 

Pernikan adalah suatu sakramen kudus yang harus diikuti oleh setiap orang percaya untuk masuk dalam era baru yang disebut keluarga, Kejadian 2:24. jadi proses terbentuknya sebuah keluarga adalah diberkati terlebih dahulu oleh Pendeta setelah itu baru beranak cucu. kekristenan menentang hubungan sex diluar pernikahan.

keluarga adalah lembaga/institusi tertua dan pertama dimuka bumi ini yang di inisitif oleh Tuhan sendiri, dan di akhir zaman ini Tuhan kembali menuntut keutuhan sebuah keluarga itu (Maleakhi 4:5-6).

Nah kamu yang sudah siap nikah dibawa ini saya lampirkan proses pemberkatan Nikahnya.




_______________________________________________________________


IBADAH PEMBERKATAN  NIKAH

Memepelai ber-dua memasuki ruangan

Pendeta menunggu kedua mempelai memasuki ruangan di tangga.
Pendeta bertanya kepada orangtua pria: " Dengan berjalan disepanjang koridor bersama putramu,apakah engkau sungguh memberikan berkat bagi pernikahan putramu dengan wanita ini? ia ini ?"
Bapak/Wali menjawab : " Ya,saya bersedia."

Pendeta bertanya kepada orangtua wanita : " Dengan berjalan disepanjang koridor bersama putrimu,apakah engkau sungguh merestui pernikahan putrimu dengan pria ini, dan bersedia menyerahkan tanggung jawab putrimu kepada pria ini? "
Bapak/Wali menjawab :" Ya,saya bersedia."
Kemudian Pendeta mengajak kedua mempelai bersama orangtua naik kepanggung (tempat pemberkatan)

MC……..Mengajak jemaat menyanyikan lagu " Ajaib Tuhan, Ajaib Tuhan (dilanjutkan dengan penyembahan)
Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus, hari ini Tuhan menyatakan keajaibanNya,dimana Sdr……(mempelai pria) telah dipertemukan Allah dengan pasangannya Sdri……(mempelai wanita) di Batam. Mari kita beri kemuliaan bagi Tuhan,…Ajaib Tuhan.

Firman Tuhan

Upacara Pemberkatan Nikah

Tukar Cincin dan Janji Nikah
Sebelum saudara diberkati, dalam pernikahan ini,saudara terlebih dahulu mengucapkan Janji Nikah dihadapan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus, Hamba Tuhan, Orangtua, dan Jemaat Tuhan dan kemudian kenakanlah cincin nikah kepada pasanganmu.
·         Pendeta kemudian mengangkat cincin dan mengatakan kepada mempelai pria :" Sdr……(sebutkan nama Pria), cincin yang  bulat ini melambangkan kasih Kristus yang sempurna yang tidak ada putusnya, yang mengikat engkau dengan Sdri…..(sebutkan mempelai wanita). Terimalah cincin ini dan ucapkan janji nikah setelah itu pasangkanlah pada jari manis kanan Sdri…..(mempelai wanita).
·         Selanjutnya, Pendeta mengangkat cincin dan berkata kepada Pengantin wanita : " Sdri….(sebutkan nama wanita), cincin yang bulat ini melambangkan kasih Kristus yang sempurna yang tidak ada putusnya, yang mengikat engkau dengan Sdr……(sebutkan nama pria). Terimalah cincin ini dan ucapkan janji nikah dan kemudian pasangkanlah pada jari manis kanan Sdr….(mempelai pria).

Berkat pernikahan
Kedua mempelai dipersilahkan untuk berlutut. Pendeta mendoakan dan memberkati mereka dengan menumpangkan tangan diatas kedua mempelai, dan mengatakan :
" Tuhan sesuai dengan janji nikah yang telah mereka ucapkan, saat ini Engkau sendiri yang akan menumpangkan tangan atas mereka dan memberkati pernikahan mereka sebagai pasangan suami dan istri. Berkati rumah-tangga, pekerjaan/usaha dan pelayanan mereka dan berkati juga dengan anak-anak yang baik dan manis.
Kiranya berkat yang berlimpah-limpah dari Allah Bapa disurga, didalam anakNya yang tunggal Tuhan Yesus Kristus dan didalam persekutuan yang manis dengan Roh Kudus menyertai saudara berdua sebagai suami-istri dari saat ini sampai selama-lamanya."Amin.



Perjamuan kudus
Sdr…..(Sebutkan nama kedua mempelai), berkat Allah berlimpah tercurah atas saudara berdua baik secara pribadi maupun dalam rumah tangga saudara. Hal ini perlu saudara ingat bahwa berkat ini adalah karena korban Kristus dikayu salib, yang telah menyerahkan tubuhNya yang tercabik-cabik dan darahNya yang tercurah menggantikan saudara dan sekaligus untuk memulihkan pernikahanmu. Mari ingat selalu akan korbanNya dikayu salib. Mari kita masuk dalam perjamua kudus.

Roti
" Bahwa Tuhan Yesus pada waktu malam tatkala Ia akan diserahkan,Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-memecahkannya dan memberikan kepada murid-muridNya serta kataNya:" INILAH TUBUHKU YANG DISERAHKAN KARENA KAMU PERBUATLAH INI SETIAP KALI KAMU MEMAKANNYA MENJADI PERINGATAN AKAN AKU."
Mari angkat roti ditangan saudara tinggi-tinggi :"Sdr…yang dikasihi Tuhan Yesus,bukankah roti yang kita pecah-pecahkan ini adalah persekutuan dengan tubuh Kristus?Mari makanlah dalam nama Tuhan Yesus.

Anggur
" Demikian juga diperbuatNya dengan cawan dan anggur sesudah makan.IA mengucap syukur atasnya dan memberikan kepada murid-muridNya kataNya :" CAWAN INI ADALAH PERJANJIAN BARU OLEH DARAHKU YANG DITUMPAHKAN BAGI KAMU.MINUMLAH KAMU SEMUA DARI PADANYA DAN PERBUATLAH INI SETIAP KALI KAMU MEMINUMNYA MENJADI PERINGATAN AKAN AKU."
Sdr….yang dikasihi Tuhan Yesus, bukankah cawan minuman ini yang atasnya kita ucapkan syukur adalah persekutuan dengan darah Kristus? Mari minumlah.

Pembukaan selubung pengantin
Pendeta mempersilahkan pengantin pria untuk membuka cadar istrinya,dengan mengatakan " Sdr….., sekarang bukalah cadar isterimu dan terimalah dia sebagai isteri yang telah Tuhan karuniakan kepadamu."

Wedding Kiss
Sekarang pandanglah isterimu yang tercinta yang satu-satunya yangTuhan anugerahkan kepadamu dan inilah saatnya bagimu…(Pengantin pria), untuk memberikan ciuman seorang suami kepada isterimu.Demikian juga engkau….(Mempelai wanita), pandanglah suamimu yang tercinta dan satu-satunya yang Tuhan karuniakan kepadamu dan berikanlah ciuman seorang isteri kepada suamimu.

Penandatanganan surat Janji nikah
Saat ini kita akan menyaksikan kedua mempelai untuk membubuhkan tanda tangan pada surat janji nikah yang akan disaksikan oleh orangtua kedu mempelai dan Bapak Pdt.(dari jemaat).Kami undang kedua orangtua mempelai dan Pdt. maju kedepan.

Persembahan Sulung
Sebagai rasa ucapan syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yesus Kristus, kedua mempelai secara barsama-sama akan memberikan persembahan buah sulung.

Ucapan Terima kasih kepada kedua orangtua
Kedua mempelai dipersilahkan untuk menghampiri kedua orangtua untuk mengungkapkan rasa terimakasih. Dimulai dari orangtua pria,selanjutnya kepada orangtua wanita.

Penyerahan Alkitab
Saya undang isteri saya untuk menyampaikan sesuatu kepada kedua mempelai," Kami atas nama Gereja,pengerja dan Jemaat Tuhan menyerahkan Alkitab sebagai pedoman hidup pernikahan saudara, terimalah. Apabila kalian mengalami kesulitan, tekanan dan persoalan temukanlah jawabannya di Alkitab ini."

Perkenalkan Kedua mempelai
Untuk mengakhiri seluruh rangkaian pemberkatan nikah ini, saya sebagai hamba Tuhan harus memperkenalkan dan sekaligus memproklamirkan kepada Jemaat Tuhan dan seluruh dunia bahwa:" Pada hari ini tanggal….bulan….tahun….mereka bukan lagi dua tetapi satu. Dan mulai saat ini mereka disebut Tuan dan Nyonya……"

Pujian Penutup dan doa berkat

____________________________________________________________________


eh....  jangan lupa yang terpenting kamu juga harus hafalin janji nikahnya, jangan acara nikahnya saja yang dipersipkan tapi janjinya ga hafal  hahahahaha .......


Janji nikah wajib dihapalkan dan dihayati:


Janji calon suami

Saya, [Nama Calon Suami],
berjanji di hadapan Tuhan, hamba Tuhan, dan saudara seiman,
bahwa sesuai dengan kehendak Tuhan,
saya menerima engkau, [Nama Calon Istri], sebagai isteri yang sah dan satu-satunya mulai saat ini dan seterusnya.
Saya berjanji,
akan bersungguh-sungguh mengasihi sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat-Nya dan seperti saya mengasihi tubuh saya sendiri.
Saya berjanji,
akan hidup kudus, bijaksana, setia, menghormati sebagai teman pewaris dari kasih karunia, dan selalu hidup dengan rukun dan damai dalam sepanjang hidup ini.

Janji calon istri

Saya, [Nama Calon Istri],
berjanji di hadapan Tuhan, hamba Tuhan, dan saudara seiman,
bahwa sesuai dengan kehendak Tuhan
saya menerima engkau, [Nama Calon Suami], sebagai suami yang sah dan satu-satunya mulai saat ini dan seterusnya.
Saya berjanji,
akan tunduk dalam segala sesuatu seperti kepada Tuhan, menghormati sebagai teman pewaris dari kasih karunia.
Saya berjanji,
akan hidup kudus, menjadi penolong yang setia dan selalu menaruh harap kepada Tuhan, dan selalu hidup dengan rukun dan damai dalam sepanjang hidup ini.


Sumber: GBI

No comments:

Post a Comment

Komenter